Rabu, 15 April 2015

Materi Pendukung UN : 31. Menentukan interface yang tepat pada komunikasi data Personal Computer (PC) dengan mikrokontroler

DEFINISI INTERFACE PADA KOMPUTER
Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, interface atau dalam istilah Indonesianya Antar Muka dapat diartikan sebagai sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda.
Dalam hubungannya dengan perangkat lunak, interface dapat diartikan sebagai sarana atau medium atau sistem operasi yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat mikroprosesor agar dapat berkomunikasi dengan pengguna (user). Sedangkan pada konteks perangkat keras interface berarti komponen elektronika yang menghubungkan atau mengkomunikasikan prosesor dengan komponen atau perangkat lain dalam suatu sistem.
   Interface (antarmuka) adalah salah satu layanan yang disediakan system operasi sebagai
sarana interaksi antara pengguna dengan system operasi. Antarmuka adalah komponen system operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).
            CLI adalah tipe interface dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program system operasi tersebut dengan cara mengetikan baris-baris tertentu.
            Meskipun konsepnya sama tiap-tiap system operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (Ms. DOS) member nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya dengan PowerShell. Pengguna Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
           
            GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon menu, dan menggunakan perangkat petunjuk (pointing device) Seperti mouse dan track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bias diringkas dalam konsep WIMP (window. Icon, menu, pointing device).
Fitur Antar Muka Penguna Telematika Dalam Antar Muka Telematika terdapat 6 jenis fitur yaitu:
1.      Head Up Display System Merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunaannya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.
2.      Tangible User Interface Antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik.
3.      Computer Vision Merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat.
4.      Browsing Audio Data Browsing audio data adalah kemampuan mesin untuk mencari data dengan menggunakan input audio
5.      Speech Recognition Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan
6.      Speech Synthesis Merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.
Pada komputer sendiri interface mempunyai fungsi penting dalam menghubungkan mikroprosesor secara langsung dengan piranti yang ingin dijalankannya. Diperlukan suatu teknik untuk mengantarmukakan (interfacing) pemroses utama dengan piranti dari luar. Teknik ini dapat digunakan melalui :
1.      Perangkat Lunak, berupa program yakni suatu prosedur tertentu untuk menjalankan piranti. Dalam dunia computer program ini lebih dikenal dengan Driver/Installer. Adapula perangkat lunak yang dimasukkan kedalam perangkat keras yang disebut Firmware.
2.      Perangkat Keras, yakni berupa piranti khusus mulai dari serpih (IC) yang terintegrasi dalam sebuah papan induk (Chipsets-Onboard), berupa sebuah port atau bahkan terintergrasi kedalam papan yang ditancapkan pada system bus (Card).

Pada artikel kali ini kita akan mengenal apa itu ? Interfacing.
SLIDE 1        


            Pengantarmukaan pheriperal komputer merupakan suatu istilah secara harfiah, berarti penghubung antar komputer, baik dengan komputer atau perangkat lain.


            Selanjutnya istilah pengantarmukaan pheriperal komputer lebih dikenal dengan istilah Interface komputer / Interfacing. Interfacing adalah perangkat yang diimplementasikan dari rangkaian elektronika.
Oleh karena itu Interfacing melibatkan banyak teknologi yang diliputi oleh disiplin teknik elektrik dan komputer rancang bangun.

Contoh :
    - USB
    - DB 25/PORT Parallel
    - Ps 2
    - Bluetooth


1.1. Interfacing Layer

            Pada dasarnya sistem mikroprocessor tidak terlepas dari sebuah interfacing yang merupakan bagian dari elektronika. Secara hirarki struktur Interfacing terdapat beberapa layer yaitu :

A.- Electrical / Physical
             Fungsi dari layer electrical merupakan layer yang mendasar dari suatu interfacing. Layer ini merupakan layer fisik, karena interfacing dalam penggunaan umum berkaitan dengan setiap alat yang penggunaannya adalah elektronika.

B.- Signal
             Layer signal merupakan layer yang digunakan untuk menyampaikan data dari satu titik ketitik lainnya. Pada layer ini tergantung dari layer electrical (fisik) yang dalam penggunaan umum, arus listrik yang digunakan untuk penyampaian data melalui circuit.

C.- Logic
             Layer logic adalah pengalamatan dari rangkaian aplikasi, bus interfaciing dan data transfer.

D.- Protocol 
             Merupakan suatu set peraturan dan procedure untuk bertukar-tukar data. Protocol Interfacing adalah ilmu standar dan implementasi dari suatu komunikasi

E.- Code 
            Layer Code merupakan representasi simbolik data. data / instruksi dalam bentuk kode/instruksi.

F.- Algoritmic
            Merupakan suatu yang berhubungan dengan penggunaan algorithma untuk mendapatkan suatu hasil dalam interfacing


PRINSIP DASAR INTERFACING
A. HANDSAKING
      Umumnya handsaking lebih dikenal dengan jabat tangan, namun definisi Handsaking yang sebenarnya adalah pertukaran signal yang ditentukan saat hubungan dilakukan antara 2 terminal.
Ada 2 macam :
      1. Handsaking Hardware.
                   Yaitu suatu teknik untuk peraturan alir data kesuatu alat penghubung atas isyarat yang       
          dilaksanakan oleh kawat terpisah.
      2. Handsaking Software
                    Yaitu transmisi data ekstra pada suatu saluran dalam mengendalikan alat yang mengirim data  
         didalam arah yang lain pada saluran. Alat-alat ini mengirim control-S dan control-Q charachter, untuk    
         stop dan star transmisi
B. PROTOKOL
              Merupakan satu set peraturan dan prosedure untuk bertukar-tukar data dari 1 terminal ke  terminal lainnya, hal ini dapat kita bedakan antara protokol dengan handsaking karena : fungsi protocol  hanya mengatur signal yang diperoleh melalui hansaking.
C. BUS INTERFACING.
        Yaitu alur atau buses dimana berbagai jenis informasi dilewati antar unsur-unsur sistem mikrokontroller-based . Buses biasanya digolongkan dalaam kaitan dengan pemilihan waktu protokol yang tak serentak, syncronous.
        Syncronous memanfaatkan suatu web status ( semi-syncronous). Bus menghubungkan sebuah komponen dalam unit Mikrocomputer.
Ada 3 tipe buses, yaitu :
- Data Bus (Bus-D)
   Bus dengan (lebar data 8 bit) yaitu dari mikroprosessor ke unit memori atau modul I/O dan sebaliknya
- Control Bus (Bus-C)
  Meluncurkan signal-signal yang mengatur masa aktif modul mikrocomputer yang sesuai dengan yang 
  diinginkan menurut kondisi kerja.
- Address Bus (Bus-A)
  Meneruskan data alamat ( misal alamat 16 bit ) dari penyimpanan / dari saluran masukan / keluaran yang diaktifkaan pada saat tertentu.
KONSEP KOMUNIKASI SERIAL 
Antar muka kanal serial lebih kompleks atau sulit, dibandingkan dengan antar muka parallel, hal ini disebabkan karena : 
1. Dari segi perangkat keras adanya proses konversi data parallel menjadi serial atau sebaliknya   .  Menggunakan peranti tambahan yang disebut UART (Universall Asyncronous Receiver / Transmitter ).
2. Dari segi perangkat lunak lebih banyak register yang digunakan
           
Data Patentik- Tema Interface Pheriperal Komputer.

Tidak ada komentar: