Minggu, 05 Februari 2023

Merakit Running Text dengan Modul P10

Dalam merakit satu unit running text led display ada beberapa point yang perlu dicermati yaitu:

  1. Perencanaan dalam pembuatan yang berupa ukuran dimensi, letak pemasangan, kegunaan, dan anggaran yang diperlukan.
  2. Penyediaan bahan (item)yang akan digunakan untuk merangkai running text led display.
  3. Kebutuhan sumber daya listrik yang ada.

Berikut ini adalah langkah mudah membuat running text led display. Sebagai contoh kita akan membuat running text led display dengan ukuran panjang 1 meter dan tinggi 21 cm yang akan diletakkan di luar ruangan dan terpasang di dinding untuk papan nama sekaligus informasi.

 


Perlengkapan yang harus disiapkan yaitu:

  1. Modul led panel P10 dengan ukuran 32×16 cm, saran saya anda harus punya minimal 3 pcs led panel
  2. Kemudian anda harus memiliki control card1 pcs. Banyak sekali type dan merk control card. Type card akan menentukan seberapa besar running text led display yang akan anda buat. Saran saya mulailah dengan card sederhana sepertiTF-S5U.
  3. Siapkan 1 pcs switching power supply5v 10A. Besarnya ampere mengikuti kebutuhan banyaknya modul led panel
  4. Selain modul dan peralatan di atas, perlu disiapkan sejumlah kabel power berukuran 0,75 mm dan kabel data 16 pin.
  5. Untuk melengkapi semua rakitan runningtext led display anda, siapkan chasingbox (frame) dari bahan Alluminium sehingga running text led display dapat terakit sempurna

Instalasi Kabel Power (Kelistrikan) dan Kabel Data Kabel power adalah kabel yang berwarna hitam dan merah dengan skun-ring di setiap ujungnya untuk dipasang di tiap baut pada power supply, controller, dan P10. Kabel power bawaan biasanya kurang panjang sehingga harus dibuatkan kabel power tersendiri menggunakan kabel listrik atau kabel tipe lain. PSU (power supply) akan menjadi sumber listrik untuk controller dan P10. Controllerdan P10 harus dihubungkan secara seri/paralel ke PSU agar mendapat sumber listrik. Kabel data adalah kabel 16 pin yang berwarna abu-abu. 

Pemasangan kabel data dilakukan secara serial (hubungkan controller ke P10 pertama, P10 pertama ke P10 ke-2, P10 ke-2 ke P10 ke-3, dst). HUB12-1 adalah pin controller untuk baris atas (baris pertama) dan HUB12-2 digunakan/disambungkan ke baris P10 pada baris ke-2. Jika Anda hanya menggunakan satu baris P10, cukup gunakan HUB12-1 saja. Langkah terakhir adalah membuat Tampilan Tulisan pada Running Text yang dapat dijalankan dengan aplikasi Power LED.

Tidak ada komentar: