Rabu, 15 April 2015

Materi Pendukung UN : 18. Mengidentifikasi Mikroprosessor


Mikroprosesor

Mikroprosesor   adalah   gabungan   2   kata   yaitu   mikro   dan   prosesor.   Jadi,mikroprosesor   adalah   sebuah   alat   yang   berukuran   kecil   yang   digunakan   untuk memproses   data   secara   digital.mikroprosessor juga bisa disebutMikroprosesor adalah sebuah IC(Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem mikroprosesor tersusun dari empat komponen, yaitu
  1. Mikroprosesor itu sendiri
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, mikroprosesor berfungsi sebagai otak sistem. Ia mengatur kerja sisitem berdasarkan urutan program yang telah ditetapkan. Ia mengatur keluar masuknya data dari/ke antar bagian dalam sistem. Ia juga mengatur aktivitas keluar/masuk data dari/ke perangat diluar sistem.
  1. Random Access Memory(RAM)
RAM adalah media pengingat sementara. Ram diperlukan oleh sistem karena selam proses kerja, banyak proses tulis/baca data yang tidak bersifat permanen. Jika proses tulis/baca ini dilakukan pada media semacam disket, harddisk, atau CD maka aksesnya membutuhkan waktu yang lebih lama.Oleh karena itu, kapasitas RAM yang lebih besar mengakibatkan bertambahnya kecepatan proses sistem mikroprosesor.
  1. Read Only memory(ROM)
Sesuai dengan namanya, data pada read only memory(ROM) hanya dapat dibaca. Data ditulis sekali dan setelah itu hanya dibaca saja.Data yang ditulis pada ROM lebih bersifat permanen dibandingkan data pada RAM. Kerena itu ROM disebut juga memory non-volatile.Karena sifatnya itu, oleh produsen mainboard ROM pada komputer PC diisi program awal berupa identifikasi sistem dan pengaktifan program sistem operasi.Tanpa adanya program awal ini, ketika komputer PC dinyalakan, mikroprosesor tidak dapat melakukan apa-apa.Berbeda dengan ROM pada PC yang hanya diisi program mula, ROM pada sistem single chip atau single board  diisi dengan seluruh program yang akan dijalankan.
  1. Port Input/Output(PIO)
                Dalam bekerja, keempat komponen tersebut saling berkomunikasi/mentransfer data.Media transfer datanya berupa sekelompok jalur-jalut penghubung yang disebut bus.Ada tiga jenis bus dalam sistem mikroprosesor, yaitu bus alamat, bus data, dan bus kontrol.Port I/O berfungsi sebagai pelabuhan keluar masuknya data perangkat di luar sistem mikroprosesor. Contoh perangkat di luar sistem mikroprosesor adalah keyboard, mouse, monitor, display, printer, modem, dan lainnya.Susunan data yang dikirim ke atau diterima dari luar dapat berupa susunan paralel atau susunan serial.Bus data digunakan untuk membawa/mengirim /menerima data antara  komponen-komponen sistem/bagian utama komputer dengan mikroprosessor.
Bus Alamat berfungsi untuk mengidentifikasi asal atau tujuan data  yang ingin dituju mikroprosessor
Bus kontrol berfungsi  untuk mengsikronisasi  cara kerja mikroprosessor dengan cara kerja komponen-komponen di luar mikroprosessor.

Tidak ada komentar: