Senin, 14 Oktober 2019

Interface/Teknik antarmuka

Interface/Teknik antarmuka

I.Pendahuluan
Teknik Antarmuka adalah suatu metode/cara untuk mengirim dan menerima data dari satu device ke device yang lainnya. Dalam teknik antarmuka, dilihat dari cara/metode komunikasi nya yaitu bisa dibagi kedalam 2 kelompok sistem metode yaitu :

1. Pengiriman/penerimaan data secara parallel
2. Pengiriman/penerimaan data secara serial

Pengiriman data secara parallel adalah pengiriman dimana data satu frame data dikirimkan secara bersamaan secara parallel, misalkan data satu framenya terdiri dari 8 bit, maka data 8 bit tersebut akan dikrimkan secara bersamaan dalam waktu bersamaan pula. Contoh aplkasi seperti ini misalnya kita akan mendapatkan pada printer yang memakai LPT1 untuk koneksi ke computer nya.

Pengiriman data secara serial adalah pengiriman dimana satu frame data yang terdiri dari 8 bit, ini akan dikirimkan secara bit per bit, jadi dikirmkan nya per bit. System seperti ini dapat ditemukannya pada system COM serial pada computer.

System komunikasi serial adalah yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi karena dengan cara ini maka kita akan bisa menghemat PORT. Maka dalam pembahasan ini pula kita akan lebih membahas tentang system komunikasi serial.

System komunikasi serial bisa dengan menggunakan berbagai macam protocol . protocol-protocol yang bisa digunakan untuk komunikasi serial adalah sebagai berikut :

1. System komunikasi serial dengan protocol RS232
2. System komunikasi serial dengan protocol RS485
3. System komunkiasi serial dengan protocol I2C
4. System komunikasi serial dengan protocol SPI
5. dll.

II.Komunikasi serial RS232
Komunikasi serial RS232 adalah suaatu protocol komunikasi serial yang mode pengoperasiannya single ended artinya Signal RS232 di representasikan dengan level tegangan +3V sampai +12V sebagai ON atau stat 0 atau disebut sebagai kondisi SPACE, sedangkan tegangan -3V sampai -12V direprensentasikan sebagai OFF atau stat 1 atau disebut sebagai kondisi MARK.

Komunikasi data pada RS232 dilakukan dengan satu transmitter dan satu reciever, Jadi system komunikasi nya yaitu antara 2 device saja.RS232 dirancang untuk data rate maximum 20 kb/s dan dengan jarak maksimum sekitar 20 Ft.

Signal RS232 di representasikan dengan level tegangan +3V sampai +12V sebagai ON atau stat 0 atau disebut sebagai kondisi SPACE, sedangkan tegangan -3V sampai -12V direprensentasikan sebagai OFF atau stat 1 atau disebut sebagai kondisi MARK
Komunikasi serial dengan RS232 ini dipasaran sudah tersedia IC yang dapat digunakan dan sudah compatible mikrokontroller yaitu IC 232 seperti MAX232, dll. IC ini banyak di gunakan dalam aplikasi-aplikasi komunikasi data dengan RS232.
Dibawah ini adalah rangkaian typical dari IC MAX 232.

III.Komunikasi serial RS485
RS485 adalah komunikasi data serial yang metode pengoperasiannya adalah differential, artinya level tegangan pengoperasiannya adalah diferensial dari Line A dan Line B. line untuk komunikasi serial RS485 adalah 4 wire, 2 wire untuk Transmitter dan 2 wire lagi untuk receiver, 2 wire yang satu di sebut dengan Line A,B Transmitter dan 2 wire lainnya Line A,B Receiver, nah sinyal yang disebut sinyal diferensial itu yaitu adalah diferensial antara Line A dan Line B

Tidak ada komentar: