Minggu, 12 Februari 2023

CARA MEMASANG SAKLAR OTOMATIS LAMPU JALAN

Untuk menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis di siang dan malam hari kita dapat menggunakan peralatan listrik yang sudah banyak dijual. Karena hidup dan matinya lampu sesuai dengan terang atau gelap lingkungan.

Photocell merupakan peralatan listrik dengan rangkaian elektronika didalamnya yang berisi komponen LDR ( Light Dependent Resistor ) yang berfungsi sensor cahaya. LDR adalah suatu bentuk komponen yang mempunyai perubahan resistansi yang besarnya tergantung pada cahaya. Semakin terang cahaya maka nilai resistansi / tahanan LDR semakin besar, LDR pada kondisi ini dianalogikan sebagai saklar terbuka (Off), sebaliknya semakin redup cahaya maka nilai resistansi LDR semakin kecil, LDR pada kondisi ini dianalogikan sebagai saklar tertutup (On).

Gambar diatas adalah penampakan dari photocell dengan spesi¦kasi tegangan dan arus. Alat ini bisa kita manfaatkan sebagai sensor cahaya untuk penerangan out dor atau untuk lampu halaman / lampu taman. Dengan menggunakan alat ini kita mempunyai banyak keuntungan diantaranya adalah, tidak perlu repot mengoperasikan lampu ketika malam tiba atau mematikan lampu ketika hari sudah siang karena alat ini bisa menjadi saklar otomatis bagi anda yang operasinya dikendalikan cahaya luar, dan anda tidak perlu khawatir bepergian keluar rumah tanpa menyalakan lampu. Selain itu, dengan alat ini diharapkan bisa menghemat listrik karena terkadang lupa atau kesiangan mematikan lampu halaman / taman atau karena telat bangun kesiangan.

Saklar ini bisa menjadi saklar otomatis bagi anda yang operasinya dikendalikan cahaya luar, dan anda tidak perlu khawatir bepergian keluar rumah tanpa menyalakan lampu. Selain itu, dengan alat ini diharapkan bisa menghemat listrik karena terkadang lupa atau kesiangan mematikan lampu halaman / taman atau karena telat bangun kesiangan. 

Untuk memasang Sensor ini dapat diikuti dengan langkah berikut:

Sensor ini memiliki mempunyai tiga buah kabel dengan warna merah, hitam, dan putih. Kabel warna merah dihubungkan ke fasa sumer listrik. Kabel warna hitam dihubungkan ke fasa sumber listrik. Kabel warna putih dihubungkan ke netral. Cara instalasi kabel diperlihatkan pada gambar di bawah.

Gambar Ilustrasi pemasangan

Berhati-hatilah saat melakukan instalasi karena rangkaian menggunakan tegangan tinggi. Pastikan sumber tegangan dalam keadaan mati pada saat instalasi. Gunakan kabel dan isolasi sambungan yang sesuai dengan syarat instalasi.


Tidak ada komentar: