Jumat, 24 Februari 2023

Membuat PCB dengan Software Diptrace

DipTrace merupakan salah satu software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk men-design PCB Layout dan skematik pada rangkaian elektronika. Di dalam DipTrace terdapat 4 modul, diantaranya adalah Schematic Capture, PCB Layout, Component Editor, dan Pettern Editor. Untuk cara membuat dari rangkaian PCB Rangkaian Charger Otomatis ini, berikut adalah langkah-langkah dalam membuatnya.


1. Buka Aplikasi DipTrace melalui menu All Program, kemudian pilih opsi PCB Layout. Setelah terbuka maka akan muncul tampilan dari PCB Layout seperti ini




2. Kemudian untuk mencari komponen-komponennya, dengan meng-klik tanda panah pada menu Filter Off disebelah kiri :


3.Pada kolom Search Area, ubah "DiscreteLibrary menjadi All Libraries dengan cara mengklik tanda panah yang ada di samping kanan. Sedangkan pada kolom Search For tetap Components.























4. Untuk mencari komponen, ketikan nama dari komponen pada kolom Name. Berikut contoh tampilan PCB jika sudah memasukkan beberapa komponen:


5. Cukup klik simbol yang di lingkarkan hitam  seperti ini. untuk menambah titik seperi yang dilingkari merah







6. Setelah semua komponen tersusun, sekarang kita tinggal menyambungkan antar komponen. Untuk menyambungkannya klik simbol seperti gambar dibawah.





7. Untuk menyambungkannya, cukup klik komponen kemudian arahkan ke komponen yang lainnya.























9.Kemudian setelah itu, sambungkan antar komponen agar menjadi seperti ini.

10. Setelah tahapan akhir klik file kemudian save..

Created : bangsoy@gmail.com


Tidak ada komentar: