Senin, 11 April 2011

Linux untuk Perubahan


Linux merupakan salah satu sistem operasi komputer yang berbasis UNIX. Linux merupakan kependekkan dari less in minix. Linux merupakan salah satu operasi sistem yang bebas, penggunanya tidak perlu kuatir dengan isu HAKI.
Perlu diketahui, linux ini memiliki banyak sekali jenisnya atau dikenal dengan distro. Masing-masing distro memiliki ciri khas masing-masing. Distro-distro ini berdiri sendiri-sendiri dengan tetap mengusung bendera linux.
Pengoperasian sistem operasi ini tidaklah sesulit dahulu, berbagai pengembangan dilakukan untuk mempermudah orang awam untuk beralih dari Microsoft Windows. Salah satu distro yang paling dipermudah (user friendly) adalah mandriva. Distro ini mempunyai misi untuk memudahkan para pengguna linux.
Sistem operasi Windows, yang sangat popular di negara ini, merupakan sistem operasi tertutup. Sehingga setiap orang yang menggunakan sistem operasi ini harus memiliki tingkat ekonomi yang cukup untuk membeli produk ini. Rata-rata di negara ini menggunakan windows bajakan, karena mahalnya harga sistem operasi ini.
Jika kita renungkan kembali, penggunaan windows bajakan tiada lain merupakan penggunaan produk curian, sehingga disadari atau tidak pengguna sistem operasi Windows bajakan telah berdosa kepada yang empunya sistem operasi ini. Namun, kebutuhan sistem operasi ini dan tingkat perekonomian masyarakat yang menengah ke bawah tidak memungkinkan untuk memiliki sistem operasi ini secara sah.
Untuk itulah, mari kita kurangi sedikit demi sedikit ketergantungan kepada sistem operasi Windows bajakan dengan menggunakan sistem operasi yang bebas, yaitu linux. Walau demikian masih diperlukan waktu yang cukup lama untuk membiasakan diri dengan sistem operasi ini. Pengguna komputer dapat memilih distro mana yang paling sesuai dengan anda (pengguna komputer).
Banyak sekali distro linux ini, semuanya memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Diantaranya adalah Mandriva, Ubuntu beserta variannya seperti Kubuntu, Edubuntu, mint, dan sebagainya, Blank On, IGOS, Redhat, Open Suse, Knoppix, Fedora, Debian, dan lain sebagainya.
Setiap distro yang diinstall, di dalamnya sudah terdapat program-program standar yang diperlukan, seperti office, drawing, pemutar musik dan program-program standar lain yang anda install di Windows anda. Selain itu, anda tidak perlu khawatir dengan penyebaran virus di sistem operasi ini.
Jika kita tak mampu membeli Windows atau Machintos yang asli, tidak ada salahnya mencoba sistem operasi ini, di samping mengurangi dosa kepada yang empunya sistem operasi Windows atau Machintos.

Tidak ada komentar: